Sabtu, 23 Mei 2009

"KEKUATAN SEBUAH TUJUAN"

KEKUATAN SEBUAH TUJUAN


Seorang bijak pernah berkata: “Dunia kita tidak akan lengkap sebelum setiap kita menemukan tujuan hidup kita.” Tujuan hidup adalah dimensi terdalam dari diri kita-hakikat inti dari keberadaan kita-dimana kita memiliki suatu kesadaran yang mendalam akan siapa diri kita, dari mana asal kita, dan kemana akan kita menuju. Tujuan hidup adalah kualitas yang kita pilih untuk membentuk kehidupan kita. Tujuan hidup adalah sumber energi dan arah.

Tujuan sudah ada di dalam diri kita, dan menanti untuk ditemukan. Jika kita membuka apa yang ada di dalam diri kita, kita akan menemukannya. Dan begitu menemukannya, kita akan berupaya untuk mencapainya sekalipun tujuan tersebut tampaknya sama sekali tidak realistis.

Tujuan tergantung intuisi kita. Intuisi adalah suara lirih yang memimpin kita kepada tujuan kita. Instuisi adalah indera keenam kita-sebuah kepekaan akan sesuatu yang belum diketahui. Instuisi tidak tergantung pada penalaran secara sadar. Kadang-kadang kita tidak bisa menjelaskan bagaimana kita mengetahui sesuatu, yang jelas kita mengetahuinya. Untuk menemukan tujuan kita, kita harus mempercayai instuisi kita.

Tujuan bukanlah sesuatu. Tujuan tidak pernah merupakan sebuah kondisi yang statis yang bisa kita pertahankan. Tujuan adalah sebuah aktifitas yang berkesinambungan, pertanyaan-pertanyaan yang selalu kita ajukan. Tujuan adalah sebuah proses yang kita jalani setiap hari. Tujuan adalah sebuah proses mendengar dan membentuk kisah hidup kita.

Tujuan keberadaan setiap kita di dalam dunia ini adalah untuk menemukan tujuan hidup dan berusaha mencapai tujuan tersebut. Apa tujuan hidupku? Hidup adalah penentuan atas pilihan-pilihan hidup. Oleh karena itu, tujuan hidupku adalah menjalani hidup ini dan menentukan pilihan yang tepat. Jika aku salah, aku harus belajar lagi agar dapat menentukan pilihan secara lebih tepat.

Hidup adalah usaha untuk menemukan tujuan dan berusaha mencapainya. Hidup adalah perjuangan & pembelajaran. Untuk apa kita belajar dan berjuang? Agar kita lebih mampu menjalani hidup ini. Agar kita dapat mencapai tujuan hidup kita.

Soalnya sekarang ialah: apakah kita sudah menemukan tujuan hidup kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar